Website

Apa itu Hosting? Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenisnya!

Pengertian Hosting

Setelah sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu domain, kali ini saya akn menjelaskan apa itu hosting? Dalam membuat sebuah web, tentu tidak terlepas dari yang namanya hosting.

Apa itu hosting?

Ibarat membangun sebuah rumah, website merupakan bangunannya, domain adalah alamat sedangkan hosting merupakan sebidang tanah untuk membangunnya. Hosting adalah sebuah layanan yang menyediakan jasa penyewaan sumber daya server sehingga kamu dapat menyimpan data dan mengaksesnya secara online oleh banyak orang melalui internet.

Fungsi Hosting

Hosting mempunyai banyak manfaat yang dapat kamu manfaatkan terkait dengan pengembangan website untuk kebutuhan pribadi ataupun perusahaan. Beberapa manfaat hosting, diantaranya :

  1. Membangun sebuah website

Yang awal, pasti saja digunakan buat menghasilkan suatu web yang di dalamnya menaruh banyak data serta dokumen terpaut pengguna ataupun bisnis. Bangun serta sesuaikan web, perdagangan elektronik, ataupun web website individu Kamu cuma dalam satu kali klik, dengan aplikasi yang sudah dikonfigurasi tadinya semacam WordPress, Magento, Prestashop, serta Joomla. Dengan website hosting, hingga laman website kamu bisa ditampilkan di search engine supaya bisa diakses oleh banyak orang melalui internet.

2. Membuat aplikasi web sederhana

Meluncurkan sebuah aplikasi berbasis website dibutuhkan juga paket hosting agar memudahkan tayang dan diakses oleh banyak orang. Gunakan tumpukan pengembangan yang telah dikonfigurasi sebelumnya seperti LAMP, Nginx, MEAN, dan Node.js. untuk online dengan cepat dan mudah.

3. Mengembangkan Situs atau Aplikasi Bisnis Online

Bila kalian mau membuat toko online buat memperdagangkan produk sendiri, hingga kalian butuh memakai layanan hosting. Semacam web pada biasanya, toko online pula wajib bisa diakses oleh pengguna lain lewat internet. Tidak hanya web, hosting server pula berperan buat meluncurkan fitur lunak lini bisnis semacam penyimpanan serta berbagi file, pencadangan, fitur lunak keuangan serta akuntansi, serta banyak lagi dalam hosting yang berbasis cloud. Pengembangan web ataupun aplikasi online sanggup buat mendatangkan konsumen secara besar serta web kamu hendak lebih diketahui oleh publik.

4. Membuat Email Profesional
Bila kalian mempunyai hosting serta sudah membeli domain, kalian pula bisa membuat alamat email dengan domain sendiri. Perihal ini pasti sangat berarti buat tingkatkan kredibilitas suatu bisnis. Hingga dengan itu, lekas daftarkan nama domain usahamu saat sebelum direbut oleh orang lain.

5. Mampu Melindungi Website dengan SSL
Buat melaksanakan hosting server wajib mencermati tingkatan keamanan hostingnya. Terus menjadi besar keamanan suatu hosting, terus menjadi kebal pula web ataupun server terhadap serbuan siber ataupun hacker. Kamu butuh bijak dalam memilah layanan hosting yang pula sediakan keamanan tingkatan besar.

Jenis-Jenis Hosting

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari hosting. Sekarang mari kita bahas lebih lanjut mengenai masing-masing jenis layanan hosting.

  1. Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis paket hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa user berbeda, sesuai dengan kebutuhan server. Artinya, kamu harus berbagi fasilitas server dengan banyak pengguna lain. Gambarannya, seperti kita sedang mengantri menggunakan fasilitas rumah kost seperti kamar mandi atau dapur, tentu kita harus mengantri untuk menggunakannya.

Sama halnya dengan shared hosting. Jika Anda membutuhkan website dengan traffic dan sumber daya yang cukup tinggi maka paket hosting ini tidak disarankan karena akses dalam hosting ini ada batas jika pengguna lain sudah menggunakan sumber daya server. mber daya yang cukup tinggi.

Kelebihan: harganya yang sangat terjangkau dan sangat cocok untuk menjalankan website sederhana atau situs blog untuk pemula. Fully-managed, artinya seluruh pengelolaan dan perawatan ditanggung penyedia.

2. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan paket server yang menawarkan kontrol maksimal atas layanan hosting yang digunakan pada website Anda. Untuk penggunaannya sendiri cukup fleksibel, selain juga mampu mengoperasikan antara sistem operasi dengan software yang akan digunakan.

Kelebihan: Sumber daya yang sangat besar, mampu menampung banyak pengunjung, memiliki kendali penuh atas server, dan akses kustomisasi tak terbatas.

3.Cloud Hosting

Cloud based hosting merupakan paket yang saat ini paling banyak diminati karena tidak memiliki downtime. Cloud hosting menggunakan sekelompok server dengan file dan resource yang direplikasi pada setiap server. Jadi, ketika salah satu server tersebut tidak dapat diakses karena gangguan teknis atau proses maintenance, website kamu tetap dapat menerima pengunjung.

Kelebihan: Hardware yang lebih memadai, ketersediaan yang tinggi, fully managed, fitur keamanan lebih baik dibanding shared hosting, dan tidak memerlukan kemampuan teknis mendalam

  1. VPS Hosting

Virtual Private Server atau VPS hosting adalah perpaduan atau titik tengah antara dedicated dan Cloud hosting. Dimana, pengguna dapat menggunakan fungsi yang mirip dengan dedicated server dengan harga sama dengan paket cloud hosting. VPS hosting sangat cocok digunakan untuk kebutuhan website yang mempunyai traffic yang tinggi.

Kelebihan: Sumber daya tidak terpengaruh pengguna lain, sumber daya yang sangat memadai, mampu menampung traffic tinggi dan kustomisasi fitur server.

5. WordPress Hosting

Jenis hosting yang terakhir adalah WordPress hosting, merupakan bentuk lain dari paket shared hosting yang dirancang khusus untuk pengguna WordPress. Server ini telah dilengkapi dengan fitur pre-installed plugin dengan konfigurasi yang cukup optimal. Paket ini juga biasanya menyediakan fitur tambahan seperti tema, pre-designed, drag-and-drop page builder, serta tool developer yang lebih spesifik.

Kelebihan: Solusi cepat untuk membuat situs WordPress, pengelolaan mudah, cocok untuk pemula, dan plugin dan pengaturan telah teroptimasi.

admin

TipsTekno.Com – Merupakan Blog Pribadi yang membahas seputar dunia teknologi masa kini. Tren teknologi yang setiap hari mengalami kemajuan dan perubahan membuat saya mencoba untuk mengikutinya dengan cara membagikan berbagai artikel dan tulisan melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button